-->

Pengertian Koalisi dan Oposisi Pemerintah

Didalam kehidupan politik , sering terjadi konflik entah karena perbedaan pendapat atau hanya 'drama' murahan untuk membangun image di mata masyarakat bahwa mereka yang diatas menjunjung tinggi hak hak warga negara dengan baik. Konflik bisa terjadi diantara perorangan atau bahkan dalam lingkup yang luas yaitu antara kumpulan afiliasi partai pemerintah, Koalisi dan Oposisi.

Pengertian Koalisi Pemerintah

Partai koalisi adalah gabungan dari beberapa partai yang mendukung kebijakan (program) pemerintahan. Koalisi dibentuk dan dipimpin oleh Partai pemenang Pemilu (Partai Pemerintah), yang merangkul partai yang tidak lolos dalam pemilihan presiden untuk mengambil bagian  di Pemerintahan, 

Pengertian Koalisi Pemerintah
Koalisi Indonesia Hebat ,2014 - 2019

Tujuan adanya partai koalisi ini adalah agar Pemerintah mendapatkan persetujuan Parlemen untuk setiap Kebijakan yang dikeluarkan. Namun terkadang partai koalisi juga tidak selalu mendukung semua program yang dikeluarkan pemerintah, partai koalisi dan partai oposisi tidak disemua Negara ada tetapi hanya ada di Negara yang mempunyai banyak partai, contoh di Negara china (Partai Komunis China) tidak akan ada Partai Oposisi dan Koalisi, karena negera china menganut sistem Partai Tunggal, yang hanya merupakan Pendukung Pemerintah.

 Amerika serikat adalah Negara yang hanya mempunyai dua partai yaitu partai demokrat dan partai republik maka jika salah satu dari partai tersebut memenangkan pemilu maka otomatis yang menjadi partai oposisi adalah hanya ada satu partai dan tidak akan ada yang menjadi partai koalisi.

Pengertian Oposisi Pemerintah

Partai oposisi adalah partai yang tidak mengambil bagian didalam pemerintahan, lebih tepatnya adalah partai yang kalah dalam pemilu. Partai ini selalu bersifat menolak atau bertentangan dengan kebijakan pemerintah, partai oposisi bertugas sebagai pengontrol atau mengawasi kebijakan-kebijakan didalam pemerintahan jika kebijakan yang dikelurkan pemerintah memberatkan rakyat maka partai oposisi akan bertindak sebagai penentang atau sebagai pengontrol.

Pengertian Oposisi Pemerintah
Oposisi Pemerintah Indonesia / Koalisi Merah Putih 

Koalisi dan Oposisi Pemerintah Indonesia

Sebagai negara demokrasi , indonesia tentu memiliki partai partai yang juga mempunyai tujuan sendiri. akibatnya, tercipta dua kekuatan besar yaitu koalisi dan oposisi. Semenjak pemilu pertama sampai sekarang , Koalisi dan Oposisi pemerintah selalu berubah tentu karena partai pemenang pemilu berbeda, hehe. Namun, juga ada partai yang awalnya Oposisi menjadi Koalisi dalam sekejap, kenapa ? Tahun kan dunia politik itu seperti apa , Teman adalah musuh yang belum menyerang.

Koalisi pemerintahan indonesia saat ini bernama Koalisi Indonesia Hebat , sedangkan Oposisi pemerintahan bernama Koalisi Merah Putih.

Koalisi dan Oposisi pemerintah Indonesia


Demikian artikel Pengertian Koalisi dan Oposisi Pemerintah ,semoga dengan artikel ini , kita menjadi tahu tentang koalisi dan oposisi dalam kehidupan politik.



Referensi

http://cdn2.tstatic.net/sumsel/foto/bank/images/koalisi-indonesia-hebat.jpg
https://alimudinharahap.wordpress.com/2014/03/15/partai-oposisi-dan-partai-koalisi/
https://www.edunews.id/wp-content/uploads/2018/03/koalisi.jpg
https://id.wikipedia.org/wiki/Koalisi_Indonesia_Hebat

0 Response to "Pengertian Koalisi dan Oposisi Pemerintah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel